Petunjuk Penulisan

  1. KARANGAN menerima artikel hasil penelitian atau kajian pustaka dalam bidang pendidikan, pembelajaran, dan pengembangan bahan ajar, media pembelajaran, dan strategi pembelajaran yang belum pernah dipublikasikan. Naskah diketik dengan program Ms. Word, huruf Times New Roman, font size 10, menggunakan kertas A4 (210 mm x 297 mm) dengan batas atas 3 cm; bawah 3 cm; kiri-kanan 4 cm. 
  2. Naskah dikirim online melalui OJS KARANGAN di https://ejournal.billfath.ac.id/index.php/karangan
  3. Semua penulis pada artikel harus dicantumkan/diketik pada OJS pada saat mengisi "authors' pada proses submit artikel.
  4. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia. Jarak antar baris 1 spasi. Tiap awal paragraf menjorok ke kanan sekitar 3 ketukan.
  5. Sistematika artikel hasil penelitian: Judul (Indonesia), Identitas Penulis (Nama, Instansi, dan Email), Abstrak disertai Kata Kunci, Pendahuluan, Metodologi, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih dan Referens
  6. Judul Artikel tidak lebih dari 15 kata, diketik di tengah-tengah (center), mengunakan Times New Roman dengan ukuran huruf 14 pt REGULER (Indonesia)
  7. Identitas Penulis: nama lengkap tanpa gelar akademik (jika penulis lebih dari satu, maka semua nama penulis dicantumkan beserta instansi asal masing-masing penulis) menggunakan Times New Roman dengan ukuran huruf 12 pt Regulaer. Afiliasi penulis harus dalam Reguler 11 pt font. Alamat email harus dalam Italic 10 pt font.
  8. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris menggunakan 1 spasi disertai dengan 3-5 kata atau frasa Kata Kunci (ditulis alfabetik), menggunakan Times New Roman dengan ukuran huruf 9 pt. Panjang abstrak Bahasa Indonesia antara 200-300 kata (abstrak Bahasa Inggris menyesuaikan). Abstrak ditulis dalam satu paragraf yang memuat minimal tujuan, metode, hasil penelitian dan kesimpulan. Abstrak dan kata kunci yang diinput pada OJS adalah abstrak dan kata kunci dalam Bahasa Inggris.
  9. Pendahuluanberisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan. Semua bagian pada pendahuluan ini dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf tanpa menulis subjudul.
  10. Metodologiberisi tentang memformulasikan permasalahan yang diteliti dengan lebih rinci (sedapat mungkin ditulis secara matematis) dan menjelaskan metode yang diusulkan.
  11. Hasil dan Pembahasanyang berisi tentang menyampaikan pengujian yang dilakukan dan menganalisis hasil. 
  12. Kesimpulanberisi temuan penelitian dalam menjawab pertanyaan penelitian. Kesimpulan dideskripsikan dalam paragraf, tidak menggunakan numbering atau bullet.
  13. Ucapan Terima Kasihberisi ucapan terima kasih penulis atas selesainya penelitian.
  14. Referensihanya memuat sumber-sumber yang dirujuk. Penulisan referensi mengikuti aturan IEEE Style, seperti contoh berikut:

Anderson, D.W., Vault, V.D. & Dickson, C.E. 1999. Problems and Prospects for the Decades Ahead: Competency Based Teacher Education. Berkeley: McCutchan Publishing Co.

Saukah, A. & Waseso, M.G. (Eds.). 2002. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press.

Russel, T. 1998. An Alternative Conception: Representing Representation. Dalam P.J. Black & A. Lucas (Eds.), Children’s Informal Ideas in Science (hlm. 62-84). London: Routledge.

Kansil, C.L. 2002. Orientasi Baru Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri. Transpor, XX (4):57—61.

Pitunov, B. 13 Desember, 2002. Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan? Majapahit Pos, hlm. 4 & 11.

Jawa Pos. 22 April, 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm. 3.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2004. Malang: Angkasa.

Ary, D., Jacobs, L.C. & Razavieh, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.

Makmara. Thontjie. 2009. Tuturan Persuasif  Wiraniaga dalam Berbahasa Indonesia: Kajian Etnografi Komunikasi. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Waseso, M.G. 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah. Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan Artikel dan Pengelolaan Jurnal llmiah, Universitas Lambungmangkurat, Banjarmasin, 9—11 Agustus.

Hitchcock, S., Carr:, L. & Hall, W. 1996. A Survey of STM Online Journals, 1990—1995: The Calm before the Storm, (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey.html, diakses 12 Juni 1996).

Widiati, Utami. 2008. PembelajaranMembaca-Menulis melalui Buddy Journals untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris. Jurnal Bahasa dan Seni. (Online), Tahun 36, Nomor 2, Agustus 2008

  1. Pengutipan, tabel, dan gambar mengikuti aturan IEEE Style.
  2. Menggunakan Reference Managerdalam mengelola referensi dan pengutipan seperti Mendeley, EndNote, dan lain-lain.
  3. Artikel ditulis mengikuti template penulisan artikel pada KARANGAN.
  4. Menghindari duplikasi, pabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme.
  5. Semua sesuatu yang terkait dengan perizinan pengutipan atau yang lainnya yang terkait dengan HaKI yang dilakukan oleh penulis, termasuk konsekuensi hukum yang mungkin muncul karenya, adalah menjadi tanggung jawab penuh penulis.

 

Submission Preparation Checklist
Penulis diwajibkan memperhatikan hal-hal berikut sebelum melakukan pengajuan/submit artikel ke KARANGAN :

  1. Naskah merupakan hasil karya penulis sendiri, bebas dari duplikasi, pabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme.
  2. Naskah sudah mengikuti pedoman dan template penulisan artikel pada KARANGAN.
  3. Referensi yang dibuat hanya sumber-sumber yang menjadi rujukan dalam naskah (Minimal 5 referensi)
  4. Pengutipan dan penulisan referensi sudah dikelola menggunakan Reference Manager (Mendeley atau lainnya)
  5. Penulis tidak akan mengirim artikel ini ke jurnal yang lain, kecuali artikel sudah dinyatakan 'ditolak' pada KARANGAN.
  6. Penulis bersedia melakukan korespondensi dengan baik, tanggap, dan beretika.

Privacy Statement
Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk tujuan lain dan diberikan kepada pihak lain.