INCREASING ENGLISH ACHIEVEMENT THROUGH TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) METHOD

Authors

  • M Labib Al Halim Universitas Billfath Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.55273/karangan.v1i02.13

Keywords:

Cooperative Learning, Two Stay-Two Stray, English Achievement

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran kooperatif Two-stay Two-stray (TS-TS) dalam usaha untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata kuliah bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kursus Intensif Bahasa Inggris dari Jururan Hukum Ekonomi Syari’ah INKAFA Gresik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan baik dalam aspek motivasi, pemahaman pada materi, dan juga pada prestasi siswa. Hal ini bisa dilihat dari permasalahan siswa baik dari aspek motivasi maupun pemahaman pada materi telah teratasi pada siklus ke-2. Sedangkan nilai rata-rata siswa telah mencapai 77.47 pada siklus ke-2. Peningkatan juga bisa dilihat dari nilai minimum siswa yaitu 70 yang berarti bahwa seluruh siswa sudah mencapai standar kelulusan (SKL). Berdasarkan hasil penelitian bisa disimpulkan bahwa penerapan metode TS-TS adalah salah satu solusi untuk meningkatkan prestasi siswa dan memecahkan masalah siswa dalam belajar bahasa inggris

Downloads

Published

2019-11-16

How to Cite

M Labib Al Halim. (2019). INCREASING ENGLISH ACHIEVEMENT THROUGH TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) METHOD. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 1(02), 102–109. https://doi.org/10.55273/karangan.v1i02.13