This is an outdated version published on 2021-09-06. Read the most recent version.

IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH BERDASARKAN MODEL KEPEMIMPINAN ISLAM BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI LEMBAGA PENDIDIKAN AGAMA

Authors

  • Redmon Windu Gumati STIT AT-Taqwa Ciparay Kabupaten Bandung

DOI:

https://doi.org/10.55273/karangan.v3i2.131

Keywords:

Kepemimpinan, Islam, Budaya Lokal

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan munculnya  tipe dan sifat kepemimpinan yang ideal, pemimpin yang selaras dengan nilai-nilai islami, dan memahami budaya lokal (local wisdom). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui implementasi kepemimpinan kepala sekolah berdasarkan model kepemimpinan islam berbasis kearifan lokal di lembaga pendidikan agama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian studi kasus (case study), yaitu metode penelitian untuk memberikan batasan yang lebih bersifat teknis dengan penekanan pada ciri-ciri penelitiannya. Para peneliti berusaha menemukan semua variabel yang penting, yang pada hakikatnya ketika objek yang dikaji merupakan sistem yang semakin unik, spesifik, dan khusus, maka semakin besar manfaatnya. Setelah dilakukan penelitian, maka diperoleh hasil bahwa peran (role) seorang Kepala Sekolah sangat sentral dan strategis karena ia dibutuhkan sebagai motivator, mediator, dan komunikator di lembaga pendidikan agama.

Downloads

Published

2021-07-29 — Updated on 2021-09-06

Versions

How to Cite

Windu Gumati, R. (2021). IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH BERDASARKAN MODEL KEPEMIMPINAN ISLAM BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI LEMBAGA PENDIDIKAN AGAMA. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 3(2), 86–96. https://doi.org/10.55273/karangan.v3i2.131 (Original work published July 29, 2021)