Kemampuan Menulis Teks Anekdot Dengan Menggunakan Strategi Outdoor Learning Pada Siswa Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.55273/karangan.v4i2.132Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan menulis teks anekdot dengan menggunakan strategi outdoor learning di kelas X SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen.. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di sma Darul Ulum Kepohbaru. Data penelitian kemudian dianalisis menggunakan uji t yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan program SPSS 24. Nilai rata-rata siswa-siswi kelas X di kelas kontrol adalah 40 pada tes awal (pretes). Sedangkan, nilai rata-rata siswa-siswi kelas X di kelas kontrol adalah 75 pada tes akhir (post-test). Untuk nilai rata-rata siswa-siswi kelas X di kelas eksperimen adalah 41 pada tes awal (pretes). Sedangkan, nilai rata-rata siswa-siswi kelas X di kelas eksperimen adalah 65 pada tes akhir (post-test). Dari hasil penelitian diketahui bahwa nilai uji t signifikansinya adalah 0.457 menunjukkan bahwa 0,457 > 0,05 maka H0 diterima, artinya terdapat pengaruh strategi outdoor learning terhadap kemampuan menulis teks anekdot dalam pembelajaran pada siswa kelas X SMA Darul ulum Kepohbaru
References
Husamah. 2013. 19. Penerapan Outdoor learning pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Pontianak.
Maulidah, T. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Media Gambar. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 2(01), 64–70. https://doi.org/10.55273/karangan.v2i01.46
Nopriani Henny dan Ike Tri Pebrianti. 2019. Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X Melalui Penggunaan Bahan Ajar Hasil Pengembangan. Jurnal Bindo Sastra. Vol 3. Nomer 2.
Rifjiana, Popy Monica. (2015). Peningkatan Keterampilan Memproduksi Teks Anekdot Berbentuk Dialog Menggunakan Pendekatan Saintifik Dengan Media Audiovisual Pada Siswa X TIPK 2 Di SMK Negeri 10 Semarang. Skripsi. Semarang. Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Semarang. Diakses 2 Desember 2020.
Rinawati, dkk. 2020. Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Journal Education Research and Development. Vol 4. Nomor 2. Diakses Agustus 2020.
Satata Sri. 2018. Anekdot. Jakarta. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan KesetaraanDitjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Syayyidah, B. ., Sukiman, S., & Maulidah, T. . (2022). Pembelajaran Pemberian Reward Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII MTs. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 4(1), 64–73. https://doi.org/10.55273/karangan.v4i1.173.
Sulistyo Djoko Wahyu. 2019. Pemanfaatan Situs Sejarah Masa Kolonial di Kota Batu sebagai Sumber Pembelajaran Berbasis Outdoor Learning. Indonesian Journal Of Social Science Education. Vol 1. Nomer 2. Diakses Juli 2019.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Taqwan Budi dan Saleh Haji. 2019. Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 05 Seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol 04. Nomer 01. Diakses Juni 2019.
Wardani, Sefri Rahma. 2016. Peningkatan Keaktifan dan Kemampuan Menulis Teks Anekdot dengan Menggunakan Model Pmbelajaran Make Match Pada Siswa Kelas X SMK. Jurnal Penelitian Bahasa, Satra Indoenesia dan Pengajarannya. Vol 4. Nomor 1. Diakses 10 November 2020.
Yenny, dkk. 2014. Penerapan Outdoor learning pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Pontianak. Artikel Penelitian. Pontianak. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.