This is an outdated version published on 2021-09-06. Read the most recent version.

HUBUNGAN KECERDASAN SPASIAL-VISUAL DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI BENTUK MOLEKUL

Authors

  • Ahmad Fathul Jadid Anshori Universitas Billfath
  • Rendy Priyasmika Universitas Billfath
  • Kriesna Kharisma Purwanto Universitas Billfath

DOI:

https://doi.org/10.55273/karangan.v3i2.134

Keywords:

Kecerdasan spasial-visual, Prestasi belajar, Bentuk Molekul

Abstract

Ilmu kimia terbagi menjadi dua konsep, yaitu konsep konkret dan terdefiinisi. Bentuk molekul merupakan salah satu konsep terdefinisi karena gagasannya berada pada tingkat molekuler dan tidak kasat mata. Sehingga, untuk memahami materi bentuk molekul dibutuhkan kecerdasan spasial-visual. Oleh sebab itu untuk mengetahui hubungan kecerdasan spasial-visual dan prestasi belajar pada materi bentuk molekul dilakukan dalam penelitian ini.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi antara kecerdasan spasial-visual dengan prestasi belajar siswa kelas X IPA MA Hidayatul Ummah Pringgoboyo pada materi bentuk molekul. Penelitian ini menggunakan metode statistik inferensial dengan menggunakan statistik korelasi regresi untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi antara kecerdasan spasial-visual dengan prestasi belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat korelasi antara kecerdasan spasial-visual dengan prestasi belajar, hal ini dimungkinkan karena tidak hanya kecerdasan spasial-visual yang berperan dalam meningkatkan prestasi belajar.

References

Apecawati, Linda Dwi. Sahputra, Rachmat & Lukman Hadi. 2018. Hubungan Kecerdasan Visual-Spasial dengan Kemampuan Menggambarkan Bentuk Molekul pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khtulistiwa. 7(1): 1-11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/23788

Cardellini, L. 2012. Chemistry: Why the Subject Is Difficult?. Educacion Quimica. 23(2): 305-310. http://www.scielo.org.mx/scielo.php?pid=S0187

Chandran, Sarath. Treagust, David F., Tobin, Kenneth. 1987. The Role of Cognitive Factors In Chemistry Achievement. Journal of Research In Science Teaching. 24(2): 145-160. https://doi.org/10.1002/tea.3660240207

Diniwati, A. (2011). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Formal Dengan Kemampuan Memberikan Gambaran Mikroskopis Konsep Asam Basa pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Gorontalo.

Fathoni, Luqman. 2013. Profil Kecerdasan Visual-Spasial Siswa dalam Memahami Gambar Bangun Ruang yang Tersusun Dari Beberapa Bangun Kubus. Gamatika. 3(2): 155-161. http://journal.unipdu.ac.id/index.php/gamatika

Harle, Marissa & Towns, Marcy. 2010. A Review of Spatial Ability Literature, Its Connection to Chemsistry, and Implications for Instruction. American Chemical Society and Division of Chemical Education. 20(20): A-J. https://doi.org/10.1021/ed900003n

Mustofa. Pikoli, Masrid & Suleman, Nita. 2011. Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Formal dan Kcerdasan Visual-Spasial dengan Kemampuan Menggambarkan Bentuk Molekul Siswa Kelas XI MAN Gorontalo Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Entropi. 8(1): 551-561. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JE/article/view/1164

Nath, Samir Ranjan. 2012. Factors Influencing Primary Students’ Learning Achievement in Bangladesh. Research in Education. 88(1): 50-63. https://doi.org/10.7227%2FRIE.88.1.5

Raguwan, Siang Tandi Gonggo & Sabang, Sri Mulyani. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Molekul Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pasangkayu. Jurnal Akademika Kimia. 3(1): 1-7.

Ridlo, Muhammad Fahmi & Novita, Dian. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk Melatihkan Multiple Intelegences Siswa pada Materi Ikatan Kimia Kelas X MAN Surabaya. Unesa Journal Of Chemical Education. 8(3): 282-287. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/30551

Syafi’i, Ahmad. Marfiyanto, Tri & Rodiyah, Siti Kholidatur. 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2): 115-123. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Woldeamanuel, Melaku Masresha. Atagana, Harrison & Engida, Temechegn. 2014. What Makes Chemistry Difficult?. AJCE. 4(2): 31-43. https://www.ajol.info/index.php/ajce/article/view/104070

Wu, Hsin-kai & Shah, Priti. 2004. Exploring Visuospatial Thinking in Chemistry Learning. Wiley Online Library. 88(3): 465-492. https://doi.org/10.1002/sce.10126

k

Downloads

Published

2021-08-27 — Updated on 2021-09-06

Versions

How to Cite

Jadid Anshori, A. F., Priyasmika, R. ., & Kharisma Purwanto, K. . (2021). HUBUNGAN KECERDASAN SPASIAL-VISUAL DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI BENTUK MOLEKUL. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 3(2), 86–96. https://doi.org/10.55273/karangan.v3i2.134 (Original work published August 27, 2021)