HUBUNGAN KECERDASAN SPASIAL-VISUAL DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI BENTUK MOLEKUL
DOI:
https://doi.org/10.55273/karangan.v3i2.134Keywords:
Kecerdasan spasial-visual, Prestasi belajar, Bentuk MolekulAbstract
Ilmu kimia terbagi menjadi dua konsep, yaitu konsep konkret dan terdefiinisi. Bentuk molekul merupakan salah satu konsep terdefinisi karena gagasannya berada pada tingkat molekuler dan tidak kasat mata. Sehingga, untuk memahami materi bentuk molekul dibutuhkan kecerdasan spasial-visual. Oleh sebab itu untuk mengetahui hubungan kecerdasan spasial-visual dan prestasi belajar pada materi bentuk molekul dilakukan dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi antara kecerdasan spasial-visual dengan prestasi belajar siswa kelas X IPA MA Hidayatul Ummah Pringgoboyo pada materi bentuk molekul. Penelitian ini menggunakan metode statistik inferensial dengan menggunakan statistik korelasi regresi untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi antara kecerdasan spasial-visual dengan prestasi belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat korelasi antara kecerdasan spasial-visual dengan prestasi belajar, hal ini dimungkinkan karena tidak hanya kecerdasan spasial-visual yang berperan dalam meningkatkan prestasi belajar.
References
Apecawati, Linda Dwi. Sahputra, Rachmat & Lukman Hadi. 2018. Hubungan Kecerdasan Visual-Spasial dengan Kemampuan Menggambarkan Bentuk Molekul pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khtulistiwa. 7(1): 1-11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/23788
Cardellini, L. 2012. Chemistry: Why the Subject Is Difficult?. Educacion Quimica. 23(2): 305-310. http://www.scielo.org.mx/scielo.php?pid=S0187
Chandran, Sarath. Treagust, David F., Tobin, Kenneth. 1987. The Role of Cognitive Factors In Chemistry Achievement. Journal of Research In Science Teaching. 24(2): 145-160. https://doi.org/10.1002/tea.3660240207
Diniwati, A. (2011). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Formal Dengan Kemampuan Memberikan Gambaran Mikroskopis Konsep Asam Basa pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Gorontalo.
Fathoni, Luqman. 2013. Profil Kecerdasan Visual-Spasial Siswa dalam Memahami Gambar Bangun Ruang yang Tersusun Dari Beberapa Bangun Kubus. Gamatika. 3(2): 155-161. http://journal.unipdu.ac.id/index.php/gamatika
Harle, Marissa & Towns, Marcy. 2010. A Review of Spatial Ability Literature, Its Connection to Chemsistry, and Implications for Instruction. American Chemical Society and Division of Chemical Education. 20(20): A-J. https://doi.org/10.1021/ed900003n
Mustofa. Pikoli, Masrid & Suleman, Nita. 2011. Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Formal dan Kcerdasan Visual-Spasial dengan Kemampuan Menggambarkan Bentuk Molekul Siswa Kelas XI MAN Gorontalo Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Entropi. 8(1): 551-561. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JE/article/view/1164
Nath, Samir Ranjan. 2012. Factors Influencing Primary Students’ Learning Achievement in Bangladesh. Research in Education. 88(1): 50-63. https://doi.org/10.7227%2FRIE.88.1.5
Raguwan, Siang Tandi Gonggo & Sabang, Sri Mulyani. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Molekul Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pasangkayu. Jurnal Akademika Kimia. 3(1): 1-7.
Ridlo, Muhammad Fahmi & Novita, Dian. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk Melatihkan Multiple Intelegences Siswa pada Materi Ikatan Kimia Kelas X MAN Surabaya. Unesa Journal Of Chemical Education. 8(3): 282-287. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/30551
Syafi’i, Ahmad. Marfiyanto, Tri & Rodiyah, Siti Kholidatur. 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2): 115-123. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114
Woldeamanuel, Melaku Masresha. Atagana, Harrison & Engida, Temechegn. 2014. What Makes Chemistry Difficult?. AJCE. 4(2): 31-43. https://www.ajol.info/index.php/ajce/article/view/104070
Wu, Hsin-kai & Shah, Priti. 2004. Exploring Visuospatial Thinking in Chemistry Learning. Wiley Online Library. 88(3): 465-492. https://doi.org/10.1002/sce.10126
Downloads
Published
Versions
- 2021-09-06 (4)
- 2021-09-06 (3)
- 2021-09-06 (2)
- 2021-08-27 (1)




