PENGEMBANGAN MODUL ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN JIWA KONSERVASI SISWA SMP KELAS VII

Authors

  • Daista Gusmarti Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.55273/karangan.v3i2.135

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pengembangan modul IPA berbasis etnosains pada materi ekosistem. kedua, mengetahui kelayakan dan efektifitas modul IPA berbasis etnosains pada materi ekosistem.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D/Research and Development dengan pendekatan kuantitatif. hasil penelitian disimpulkan bahwa pertama, pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis etnosains materi ekosistem menggunakan metode pengembangan Borg& Gall yang terdiri dari enam langkah. Kedua, kelayakan modul diuji oleh 3 orang dosen yaitu: 1 dosen sebagai ahli bahasa, 1 dosen sebagai ahli materi, dan 1 dosen ahli media/desain. Berdasarkan hasil validasi bahasa 90%, validasi materi 865%, dan validasi media/desain 90%. Modul pembelajaran IPA berbasis etnosains materi ekosistem termasuk dalam kriteria sangat layak digunakan tanpa direvisi.

n

Downloads

Published

2021-08-08 — Updated on 2021-09-06

Versions

How to Cite

Daista Gusmarti. (2021). PENGEMBANGAN MODUL ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN JIWA KONSERVASI SISWA SMP KELAS VII. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 3(2), 97–101. https://doi.org/10.55273/karangan.v3i2.135 (Original work published August 8, 2021)