This is an outdated version published on 2021-09-06. Read the most recent version.

PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Hairuddin Cikka UIN Datokarama Palu
  • M. Iksan Kahar UIN Datokarama Palu
  • Nur Eka Wahyuningsih Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.55273/karangan.v3i2.137

Keywords:

Problematika Guru, Pembelajaran, Pandemi Covid-19

Abstract

Pendidikan di Indonesia menjadi salah satu bidang yang terdampak akibat adanya pandemi covid-19. Dengan adanya pembatasan interaksi, Kementerian Pendidikan di Indonesia juga mengeluarkan kebijakan yaitu dengan meliburkan sekolah dan mengganti proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan menggunakan sistem dalam jaringan (daring), Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Belajar Dari Rumah (BDR). Dengan menggunakan sistem pembelajaran secara daring ini, muncul berbagai masalah yang dihadapi oleh siswa dan guru.  Mulai dari faktor ekonomi (siswa tidak memiliki Gadget), sinyal yang buruk, minimnya pengetahuan orang tua dalam digitalisasi pembelajaran dan lain sebagainya. Untuk itu dibutuhkan keratifitas dan inovasi pembelajaran dari seorang guru. Kreativitas  adalah  fungsi  dari  tiga  komponen  utama:  keahlian,  keterampilan berpikir kreatif, dan motivasi. Keahlian terdiri dari pengetahuan: teknis, prosedural, dan  intelektual.  Sederhananya,  kreativitas  menghasilkan  orang  yang  melihat sesuatu  secara  berbeda.

C

Downloads

Published

2021-08-27 — Updated on 2021-09-06

Versions

How to Cite

Cikka, H., Kahar, M. I. ., & Wahyuningsih, N. E. (2021). PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 3(2), 108–115. https://doi.org/10.55273/karangan.v3i2.137 (Original work published August 27, 2021)