PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN REKSI REDOKS BERBASIS ANDROID DI SMA HASYIM ASY’ARI 1 PUCUK

Authors

  • Ahmad Abdillah Khoironi Pendidikan Kimia

DOI:

https://doi.org/10.55273/karangan.v4i2.150

Keywords:

Pengembangan Media, Reaksi Redoks, Android

Abstract

Abstrak: Media pembelajaran memiliki peranan penting di masa pandemik Covid-19. Penggunaan media dalam pembelajaran dapat membantu keterbatasan pendidik dalam menyampaikan informasi maupun keterbatasan jam pelajaran di kelas. Permasalahan pada proses belajar SMA Hasyim Asy’ari 1 Pucuk khususnya materi kimia disebabkan peroses belajar dilakukan secara daring. Reaksi redoks merupakan salah satu konsep yang sulit dipahami, sehingga pembelajaran daring kurang efektif. Untuk itu penggunaan media pembelajaran mutlak dibutuhkan pengajar untuk menyampaikan materi kepada peserta didik secara efektif dan efisien. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan bagaimana cara mengembangkan media pembelajaran reaksi redoks berbasis android. Model pengembangan yang digunakan 4D Thiagarajan, dengan tahapan define, design, development dan disseminate namun yang dilaksanakan hanya sampai tahap development. Instrument yang digunakan berupa angket validasi media dan materi. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dengan bantuan Microsoft Excel 2019. Hasil validasi menunjukkan rata-rata persentase skor akhir sebesar 94,84% dengan kriteria sangat valid.

 

Abstract: Learning media has an important role during the Covid-19 pandemic. The use of media in learning can help the limitations of educators in conveying information as well as the limitations of schedule in class. Problems in the learning process of SMA Hasyim Asy'ari 1 Pucuk, especially chemistry, are caused by the online learning process. Redox reactions are one of the difficult concepts to understand, so online learning is less effective. For this reason, the use of learning media is absolutely necessary for teachers to convey material to students effectively and efficiently. Therefore, this study aims to develop an android-based redox reaction learning media. The development model used is 4D Thiagarajan, with the stages of define, design, development and disseminate, but only to the development stage. The instrument used is a media and material validation questionnaire. The data obtained were analyzed quantitatively with the help of Microsoft Excel 2019. The validation results showed an average final score percentage of 94.84% with very valid criteria.

Downloads

Published

2022-09-15

How to Cite

Khoironi, A. A. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN REKSI REDOKS BERBASIS ANDROID DI SMA HASYIM ASY’ARI 1 PUCUK. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 4(2), 106–111. https://doi.org/10.55273/karangan.v4i2.150