PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM IPA UNTUK MELATIH KETRAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH BAGI MAHASISWA PGMI
DOI:
https://doi.org/10.55273/karangan.v1i02.16Keywords:
Pembelajaran berbasis praktikum, Keterampilan komunikasi ilmiahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan perangkat pembelajaran berbasis praktikum yang valid, praktis dan efektif untuk melatih keterampilan komunikasi ilmiah mahasiswa (Peserta didik). Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model R&D dan diujicobakan di kelas PGMI pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkategori valid meliputi Silabus, RPS, LK dan tes hasil belajar; 2) Perangkat pembelajaran berkategori praktis ditinjau dari keterlaksanaan RPS, mahapeserta didik merespon positif perangkat yang dikembangkan dan implementasinya; serta 3) Perangkat pembelajaran telah efektif ditinjau dari: (a) Peningkatan pengetahuan mahasiswa dengan perolehan skor n-gain pada kategori tinggi (b) Penilaian keterampilan komunikasi ilmiah mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis Praktikum yang digunakan valid, praktis, dan efektif untuk melatih keterampilan komunikasi ilmiah peserta didik.




