PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA DI SMP

Authors

  • Fadila Turahmah UIN Fatmawati Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.55273/karangan.v4i1.161

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan manusia di SMP. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari delapan tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, mengembangkan desain produk, validasi desain produk, revisi desain produk, uji coba produk kelompok kecil, revisi produk dan produk akhir. Data hasil analisis angket kelayakan modul dengan menghitung persentase pencapaian pada setiap komponen persentase pencapaian kriteria kelayakan modul pembelajaran IPA berbasis problem based learning yang dikembangkan layak digunakan denngan persentase sebesar 92% untuk materi (sangat layak) 82,5% untuk media (sangat layak)  dan 86,7% untuk bahasa (sangat layak). Kepraktisan modul pembelajaran IPA berbasis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan manusia berdasarkan data hasil respon siswa dan guru IPA termasuk kriteria sangat praktis digunakan dengan persentase sebesar 86,97% untuk respon siswa dan 79,06% untuk respon guru.

Kata Kunci: Modul, Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Sistem Pernapasan Manusia

F

Downloads

Published

2022-02-15

How to Cite

Turahmah, F. (2022). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA DI SMP. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 4(1), 74–87. https://doi.org/10.55273/karangan.v4i1.161