PEMERTAHANAN KEARIFAN LOKAL MELALUI PEMANFAATAN SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SASTRA
DOI:
https://doi.org/10.55273/karangan.v1i02.17Keywords:
Kearifan Lokal, Sumber Belajar, SastraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemertahanan kearifan lokal sebagai sumber pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan berupa kualitatif deskriptif dengan mendeskripsikan 1) kearifan lokal sebagai sumber pembelajaran sastra, 2) pembelajaran sastra dengan memanfaatkan kearifan lokal, dan 3) upaya pemertahan kearifan lokal sebagai sumber belajar sastra. Data yang diperoleh dalam bentuk kata-kata dan dikumpulkan melalui pengamatan, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil bahwa pembelajarn sastra dengan memanfaatkan kearifan lokal dapat diintegrasikan dalam bentuk bahan ajar melalui analisis KD pada setiap tingkatan. Dengan bahan ajar yang telah dikembangkan, maka siswa dapat mengenal dan mengetahui kearifan lokal daerahnya.