IMPLEMENTASI KURIKULUM SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN MULTIKULTURAL
DOI:
https://doi.org/10.55273/karangan.v5i1.208Keywords:
Implementasi Kurikulum dan Pendidikan MultikulturalAbstract
Model pendidikan di Indonesia maupun di negara-negara lain menunjukkan keragaman tujuan yang menerapkan strategi dan sarana yang dipakai untuk mencapainya. Pendidikan multikultural di Indonesia perlu memakai kombinasi model yang ada, agar seperti yang diajukan Gorski, pendidikan multikultural dapat mencakup tiga hal jenis transformasi, yakni: transformasi diri, transformasi sekolah dan proses belajar mengajar, transformasi masyarakat. Pendidikan multikultural juga dinilai penting guna menjembatani perbedaan kepentingan dan perbedaan karakter dalam pendidikan-pendidikan lokal. Perbedaan kepentingan merupakan salah satu kendala pembangunan pendidikan nasional selama lebih dari setengah abad. Dengan pengembangan model pendidikan berbasis multikultural diharapkan mampu menjadi salah satu metode efektif untuk meredam konflik.
References
Achmad, Nur. Pluralitas Agama Kerukunan dalam Keragaman. Jakarta: PT. Gramedia, 2001.
Hamolo, Oemar. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2006.
Hanum, Farida. Fenomena Pendidikan Multikural. Yogyakarta: Lemlit UNY, 2005.
Junaidi, Model Pendidikan Multikultural, Al-Insyiroh Volume 2, Nomor 2, 2018.
Machalli, Imam dan Musthofa. Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2004.
Mahfud, Choirul. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Maliki, Zainuddin. Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press, 2010.
Maslikhah. Pendidikan Mulikultural. Semarang: PT.Temprina Media Grafika, 2007.
Matsuroh, Kurikulum Pendidikan Berbasis Multikultural, Millah Edisi Khusus Desember, 2010.
Nasution, S. Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara, 1999.
Salim, Peter dan Salim, Yeni. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press, 1991.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: Rema Rosdakarya, 2009.
Sulthon, Dinamika Pengembangan KuriKulum Ditinjau Dari Dimensi Politisasi PenDiDikan dan eKonomi, https:// journal. iainkudus. ac.id/index. php/Edukasia/ article/download/763/732, Vol. 9, No. 1, Februari 2014.
Supriadi, Pendidikan Islam Multikultural (Tantangan dan Relevansinya di Indonesia) , Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan Volume 13 No.23 April 2015.
Zamroni. Pendidikan Demokrasi Pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.