PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF MODEL KAJIAN KELOMPOK

Authors

  • Ahmad Sya'roni SMP Negeri 2 Sekaran

DOI:

https://doi.org/10.55273/karangan.v5i1.219

Abstract

Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit terbukti hasil belajar bahasa Inggris yang diperoleh siswa SMPN 2 Sekaran masih rendah yaitu nilai tertinggi 85 dan terendah 55 sehingga rata-rata nilai bahasa Inggris adalah 71,25, sementara pencapaian kriteria ketuntasan minimal di SMPN 2 Sekaran sendiri adalah 75 sehingga nilai yang dicapai siswa tersebut bisa dikatakan belum  mencapai KKM. Hal ini menunjukkan proses pembelajaran di kelas belum memenuhi kriteria pembelajaran yang baik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan dan setiap akhir siklus dilakukan penilaian untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan partisipasi dan hasil belajar mata pelajaran bahasa Inggris. Penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif model kajian kelompok untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar bahasa Inggris materi congratulation/wish/hope  pada siswa kelas IX-A dapat dikatakan  telah berhasil.  Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata pada setiap siklus, yaitu siklus I sebesar 77,50 menjadi 89,53 pada siklus II.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Djamarah,

Eltikal. 2020. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara dalam Bahasa Inggris Siswa Kelas VII2 SMPN 25 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai. (Online). Vol. 4. No. 3. Desember 2020.

Harningsih, Sri. 2021. Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Materi If Conditional Type 1 Melalui Model Pembelajaran Group Investigation. Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra. (Online). Vol. 1 No. 2. Desember 2021.

Sai, Muh. 2017. Pengaruh Model Group Investigation Berbasis Internet Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Digital Literasi Siswa. Jurnal Pendidikan IPS. (Online). Vol. 4. No. 1. 2017.

Slavin, Robert E. 2009. Cooperatif Learning Teori, Riset dan Praktek. Bandung: Nusa Media.

Syaiful Bahri dan Aswan Jaim. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Alfa Beta

Downloads

Published

2023-02-15

How to Cite

Sya’roni, A. (2023). PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF MODEL KAJIAN KELOMPOK . Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 5(1), 22–29. https://doi.org/10.55273/karangan.v5i1.219

Issue

Section

Articles