PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR LAJU REAKSI DAN KREATIVITAS SISWA KELAS XI IPA 6 SMA NEGERI 3 LAMONGAN

Authors

  • Enis Suliastifah SMA Negeri 3 Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.55273/karangan.v5i1.222

Keywords:

Laju reaksi, Teams Games Tournaments, kreativitas, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi laju reaksi dapat meningkatkan kreativitas siswa. 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi laju reaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri  3 Lamongan Tahun Pelajaran 2022/2023. Data penelitian yang diambil berupa prestasi belajar kognitif, afektif, dan kreativitas siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan menunjukkan: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi laju reaksi dapat meningkatkan kreativitas siswa. Pada siklus I presentase siswa dengan kreativitas tinggi 51,51% pada siklus II meningkat menjadi 81,82%. 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar kognitif pada materi laju reaksi. Presentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari 42,42% pada siklus I menjadi 81,82 % pada siklus II. Untuk prestasi belajar afektif menunjukkan peningkatan ketercapaian rata-rata indikator dari 72,31 % pada siklus I menjadi 79,01 % pada siklus II.

 

References

Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jusniar. (2009). Pengaruh Penggunaan Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMAN 1 Bajeng (Studi pada Materi Pokok Perhitungan Kimia). Jurnal Chemica,10 (1), 36-43.

Kasbolah, K. (2001). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Kunandar. (2009). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Moleong, L.J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Munandar, S.C.U. (1990). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Gramedia.

Munandar, S.C.U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R.E. (2008). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Sugiyo, W., Kusuma, E., & Wahyuni, P.T. (2009). Efektivitas Metode Student Centered Learning yang Berbasis Fun Chemistry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3 (2), 469-475.

Rumape, O., Christopel, N., La Kilo, J., & La Kilo, A. (2020). Penerapan Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dilengkapi Kartu Nama dari Tata Nama Senyawa Kimia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 4 No. 1 2020,40-46.

Wyk, V.M.M. (2011). The Effect of Teams-Games- Tournament on Acheivement, Retension, And Attitudes Of Economic Education Student, J Soc Sci, 26(3), 183-193.

Winarto, R.T. & Sukarmin. (2012). Penerapan Zuma Chemistry Game dengan Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) pada Materi Unsur, Senyawa, Campuran di MTsN Surabaya II. Unesa Journal of Chemical Education, 1(1), 180-188.

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Suliastifah, E. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR LAJU REAKSI DAN KREATIVITAS SISWA KELAS XI IPA 6 SMA NEGERI 3 LAMONGAN . Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 5(1), 36–42. https://doi.org/10.55273/karangan.v5i1.222

Issue

Section

Articles