PENERAPAN METODE CERAMAH DENGAN MODEL PENGAJARAN AUTENTIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEKARAN
DOI:
https://doi.org/10.55273/karangan.v5i1.223Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah ditemukan dalam pembelajaran PPKN di SMP Negeri 1 Sekaran masih rendah. Salah satu cara guru untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menggunakan metode ceramah dengan modep pembelajaran autentik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar PPKN siswa setelah diterapkan metode ceramah dengan model pembelajaran autentik di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sekaran.Metode penelitian yang digunakan adalah metodi tindakan kelas.Adapun penelitian tindakan ini dilakukan menjadi 3 siklus.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data berupa analisis deskriftip. Berdasarkan hasil analisis adapun hasil penelitian terlihat adanya peningkatan pada siklus I 73,17%, siklus II 82,93%, dan pada siklus III 95,12%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode ceramah dan model pembelajaran autentik dapat meningkatkan prestasi belajar PPKN siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sekaran.
References
Arianti, A. (2019). Urgensi Lingkungan Belajar yang Kondusif dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Didaktika: Jurnal Pendidikan, 11(1): 41-62.
Arikunto, Suharsimi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Baharun, Hasan. (2015). Penerapan Pembelajaran Aktif Learning untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa di madrasah. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 1(1): 34-46.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Rineksa Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru
Hamalik, Oemar. (2002). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung Sinar Baru Algesindo.
Ilyas (2019). Meningkatkan Prestasi Belajar Pengetauan Sosial Melalui Gabungan Metode Ceramah dengan Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Autentik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5): 1041-1050.
Lestari, N.D. (2018). Pembelajaran Autentik Teks Deskripsi. Jurnal EFEKTOR, 5(2): 74-85.
Melvin. L. Siberman. (2004). Active Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif . Bandung: Nusamedia dan Nuansa.
Nastiti, F.E., & ‘Abdu, A.R.N. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Kajian Teknologoi Pendidikan, 5(1): 61-66.
Rohyani, I.P. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar PPKN Materi Sistem dan Dinamika Demokrasi dengan Pembelajaran Metode Ceramah, Belajar Aktif, dan Pembelajaran Autentik. Syntax Idea, 3(10): 2122-2130.
Sukidin, dkk. (2002). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendikia Usman,
Moh. Uzer. (2001). Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.