Pengembangan Media Flashcard Dalam Upaya Meningkatkan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa SMP Kelas VII

Authors

  • Atika Dewi Utari Universitas Billfath
  • Maulidia Tifani Alfin Nur Hardiana Universitas Billfath

DOI:

https://doi.org/10.55273/karangan.v5i2.234

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingat keterampilan menulis siswa yang masih rendah dan belum adanya penggunaan media pembelajran secara langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan kevalidan media flashcard. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Terpadu Nurul Fattah yang berjumlah sebelas siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kuesioner atau angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian dan pengembangan menunjukkan media pembelajaran flashcard layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli media I yakni 74.1% yang terdiri dari empat aspek yaitu aspek tampilan, penyajian, isi, dan bahasa. Penilian dari ahli media II menunjukkan kategori yang sangat layak yakni93.3% yang terdiri dari lima aspek yaitu aspek pembelajaran, tampilan, isi, penyajian, dan kepraktisan.

References

Anggraini, Dwi Ringga, dkk. 2019. Keefektifan Model Picture And Picture Berbantu Media Flashcard Terhadap Keterampilan Menulis Karangan. International Journal of Elementary Education. 3(1):35-40.

Al Halim, M. L. (2020). MODIFYING DOMINO CARDS TO INCREASE STUDENTS’UNDERSTANDING OF THE USE OF POSSESSIVE ADJECTIVE AT JUNIOR HIGH SCHOOL. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 2(01), 71–79.

Budiyanto, Cepi, dan Hotimah, Empit. 2022. Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi. Bale Aksara: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.3(2): 47-57.

Budiyono, Herman. 2012. Pembelajaran Keterampilan Menulis Berbasis Proses Menulis Dan Teori Pemerolehan Bahasa. Jurnal Pena. 2(3): 1-11.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Press.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hardiana, Maulidia Tifani Alfin Nur. 2023. Penerapan Model Flayer Dalam pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Hasta Wiyata. 6(1): 57-64.

Permanasari, Dian. 2017. Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumber Jaya Lampung Barat. Jurnal Persona. 3(2): 156-162.

Peraturasn Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Semi, Atar. 2020. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa CV

Sugiono. 2019. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan: Research and Development. Bandung: Alfabeta

Sukirman. 2020. Tes Kemampuan Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah. Jurnal Konsepsi. 9(2):72-81.

Suratimah, Dwi, dkk. 2023. Pengembangan Media Flashcard Pada Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Panas Kelas V Sekolah Dasar Kota Semarang. Ta’rim Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini. 4(3):117-126.

Tarigan, Henry Guntur. 2021. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan. Bandung: Angkasa Bandung.

Downloads

Published

2023-09-18

How to Cite

Dewi Utari, A., & Tifani Alfin Nur Hardiana, M. (2023). Pengembangan Media Flashcard Dalam Upaya Meningkatkan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa SMP Kelas VII. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.55273/karangan.v5i2.234