UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK MANIPULATIF MEMUKUL BOLA KASTI DENGAN ALAT MODIFIKASI TONGKAT PENYANGGA BOLA PADA SISWA KELAS VI MI. TARBIYATUL WATHON TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • M. Abd. Rohman nafis Nafis Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55273/karangan.v5i2.246

Abstract

Permainan bola kasti tidak terlepas dari teknik dasar permainan salah satunya yakni gerakan memukul bola kasti. Dalam pembelajaran bola kasti, teknik memukul menjadi unsur penting dalam yang harus dikuasai. Untuk itu perlu kiranya melatih gerakan memukul bola dengan baik salah satunya dengan menggunakan alat modifikasi berupa tongkat penyangga bola untuk memberikan kemudahan dalam memukul bola dan merangsang motorik rangkain gerak memukul bola. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar gerak manipulatif memukul bola kasti menggunakan alat modifikasi tongkat penyangga bola. pada siswa kelas VI MI. Tarbiyatul Wathon. PTK, atau penelitian tindakan kelas, adalah metodologi yang digunakan. Total 22 siswa berpartisipasi dalam penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Lembar observasi adalah alat penilian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar meningkat. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan kemampuan siswa dalam unjuk kerja dan gerak dasar memukul bola dalam permainan kasti.

References

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742

Gustina, G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Edukatif Cari Kata Berbasis Android untuk Menstimulasi Pembelajaran HOTS. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 31–46. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i1.269

Hanum, F. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. In Diklat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Lanjut Tingkat Nasional bagi Guru Pamong Belajar, 9-10 Agustus 2008. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/diklat PTK 2008.pdf. Diakses 02 April 2016

Hidayat, A. (2017). PENINGKATAN AKTIVITAS GERAK LOKOMOTOR, NONLOKOMOTOR DAN MANIPULATIF MENGGUNAKAN MODEL PERMAINAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 9(2), 21–29.

Indarto, P. (2014). Sport Court. Modifikasi Fasilitas Sport Court Multi Fungsi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Sekolah Dasar Di Kota Surakarta, 403, 4115.

Nafis, M. A. R., & Kusuma, I. D. M. A. W. (2021). Analisis Kebtuhan Pelatih Futsal Di Kabupaten Gresik Terhadap Program Latihan Berbasis Digital. JSES?: Journal of Sport and Exercise Science, 4(1), 23–32. https://doi.org/10.26740/jses.v4n1.p23-32

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Misykat, 03, 171–187.

Prabowo, A. (2022). Video Pembelajaran Kasti untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Bola Kecil dan Penguatan Literasi Numerasi. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 699–718. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.682

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin?: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Sudijono, A. (2009). Pengantar Statistika Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.

Usman, K. (2019). Peralatan modifikasi olahraga dasar pendidikan jasmani tingkat sekolah dasar. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan, 2(1), 175–181.

Wati, I. D. P., & Jaenudin, M. A. (2020). Pengaruh Permainan Kasti terhadap Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(2), 50–57.

Wijaya, M. A., & Kanca, I. N. (2019). Media Pembelajaran Aktivitas Pengembangan PJOK untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. JOSSAE?: Journal of Sport Science and Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.26740/jossae.v4n1.p1-6

Downloads

Published

2023-09-18

How to Cite

Nafis, M. A. R. nafis. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK MANIPULATIF MEMUKUL BOLA KASTI DENGAN ALAT MODIFIKASI TONGKAT PENYANGGA BOLA PADA SISWA KELAS VI MI. TARBIYATUL WATHON TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 5(2), 10–17. https://doi.org/10.55273/karangan.v5i2.246