PENINGKATAN KEDISIPLINAN GURU DAN TAS DENGAN MODEL COACHING TIRTA DI SMA NEGERI 3 BANGKALAN TAHUN 2023

Authors

  • Mohammad Saeri Guru SMA Negeri 3 Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.55273/karangan.v5i2.262

Keywords:

Kedisiplinan, Coach, coaching, coachee

Abstract

Penelitian adalah penelitian deskribtif kualitatif untuk mengetahui pengaruh coaching model tirta terhadap peningkatan kedisiplinan guru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model tirta yang meliputi: Tujuan, identifikasi, Rencana Aksi, dan tanggung jawab. Penelitian diujikan pada guru yang kurang disiplin dalam menjalankan kewajibannya di sekolah. menjadi hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan, karena guru harus memberikan contoh yang baik sebelum menyuruh anaknya berperilaku baik atau disiplin. Sampel yang diambil adalah 3 orang, yang terdiri dari 1 orang guru dan 2 orang petugas kebersihan. Berdasarkan hasil coaching ke-3 orang tersebut mereka semuanya mengalami perubahan yang sangat signifikan. Seorang guru yang semula tidak rajin dan sering terlambat masuk ke sekolah berdasarkan ide dan koomitmennya sendiri menjadi guru yang sangat rajin dan bertanggung jawab. Kemudian untuk 2 orang petugas kebersihan yang semula sering tidak hadir ke sekolah dan tidak menjalankan tanggung jawab dengan baik menjadi sangat rajin dan semua tugas dikerjakan dengan sangat baik.

References

Catio, M., & Sunarsi, D. (2020). Analisa Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja Dan MotivasiTerhadap Kinerja Guru Pada SMK Sasmita Jaya 1 Pamulang Kota Tangerang Selatan. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 17(02), 16-26.

Hasibuan, A. A. (2021). Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Dalam Rangka Penetapan Penjatuhan Hukuman Disiplin Bagi PNS di Badan Kepegawaian Daerah Kota Medan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL], 1(3).

Hidayat, H. S. (2013). Pengaruh kerjasama orang tua dan guru terhadap disiplin peserta didik di sekolah menengah pertama (SMP) negeri kecamatan Jagakarsa-Jakarta Selatan. Jurnal ilmiah widya, 1(2), 92-99.

Kirkpatrick. (2009:192) Pembinaan Disiplin Guru PNS yang dikutip oleh Wibowo dalam Jurnal Ilmiah. 1(4), 50-55.

Sahertian, P.A. (2008:3). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi : Jakarta: Rinike Cipta Suciati, S. (2018). Peran supervisi manajerial oleh pengawas terhadap kinerja kepala sekolah di Sekolah Menengah Atas Islam Parlaungan Waru Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Downloads

Published

2023-09-21

How to Cite

Saeri, M. (2023). PENINGKATAN KEDISIPLINAN GURU DAN TAS DENGAN MODEL COACHING TIRTA DI SMA NEGERI 3 BANGKALAN TAHUN 2023. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 5(2), 35–42. https://doi.org/10.55273/karangan.v5i2.262