PENGARUH METODE SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP TERPADU NURUL FATTAH
DOI:
https://doi.org/10.55273/karangan.v5i2.263Keywords:
Pengaruh, Metode saintifik, Teks beritaAbstract
Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode saintifik dalam pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Terpadi Nurul Fattah. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan angcangan eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 35 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah 35 yang terdiri dari kelas kontrol pada kelas VIII B ynag berjumlah 20 siswa dan kelas eksperimen pada kelas VIII A yang berjumlah 15 siswa. Tempat penelitian ini berada di SMP Terpadu Nurul Fattah Dadapan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan tes. Instrumen yang digunakan berupa rubrik soal, rubrik penilaian, pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data dengan uji-t dengan menggunakan uji prasyarat uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat pengaruh dengan persentase nilai eksperimen dengan rata-rata 23,33 lebih tinggi daripada hasil siswa kelas kontrol dengan rata-rata 17. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan metode saintifik dalam pembelajaran menulis teks berita memberikan hasil yang signifikan berupa peningkatan nilai menulis siswa dalam pembelajaran teks berita. berisi ringkasan isi artikel.
References
Amalia, N., Sari, Nur Aini Pupita, & Noviani, R.T. 2020. Pengaruh Metode Pembelajaran Sugesti Imajinasi terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negri 48. Jakarta. Metamorfosa, 8 (1), 1-12.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. 2004. Pengembangan Keterampilan Menulis II: Ulasan, Teks Berita, Teks Pidato/Ceramah, Pengalaman. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Halosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
M.N, Fajar. 2010. Mahir Menulis Berita. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan.
Majid, Abdul, & Chalaerol Rochalman. 2014. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maryanto. 2014. Bahalasa Indonesia ekspresi diri dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Semester 2. Jakarta: Kemendikbud,
wNata, Abuddin. 2009. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. 3 Jakarta: Kencana
Pemendikbud RI Nomor 81A Tahaluni. 2013. Tentang Implementasi Kurikulum: Pedoman Umum Pembelajaran.
Pengembangan Profesi Pendidik. 2014. Materi Pelatihalan Guru Implementasi Kurikulum 2013. (Jakarta: Kemendikbud)
Sani Ridwan Abdullah. 2017. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Seni, M. Atar. 2021. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa Bandung.
Soehoet, A. M. H. 2003. Dasar-Dasar Jurnalistik. Jakarta: Yayasan Kampus Tercinta-IISIP.
Tarigan, Henry Guntur. 2021. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Wirasutisna, Haksan. 1195. Menulis Karangan untuk Pers. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.