EFEKTIVITAS MEDIA POSTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII
DOI:
https://doi.org/10.55273/karangan.v6i1.301Keywords:
efektivitas, poster, Kearifan Lokal, MenulisAbstract
Abstract: This research aims to test the effectiveness of poster media based on local wisdom in learning to write procedural texts. This research uses a quantitative approach with an experimental research approach. The research was carried out at Ahmad Yani Sukorami Middle School in classes VII-A and VII-B. The data collection technique was carried out using a non-test method in the form of an assignment to write procedural texts. The instruments used are assessment sheets and assignment sheets for writing procedure texts. The research results show that there are significant differences in the implementation of the pretest and posttest. The use of learning poster media based on local wisdom is effective for learning to write procedures for class VII students. This is evidenced by the increase in the calculated average pretest and posttest scores which increased by 9.45. Apart from that, based on the t-test results it can be seen that sig(2-tailed) 0.000 is smaller than 0.05. Thus, it is stated that poster media based on local wisdom is effectively applied in learning to write procedural texts for class VII students.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media poster berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan ancangan penelitian eksperimen. Penelitian dilaksanakan di SMP Ahmad Yani Sukorami pada kelas VII-A dan VII-B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode nontes berupa penugasan menulis teks prosedur. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian dan lembar penugasan menulis teks prosedur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pelaksanaan pretest dan posttest. Penggunaan media poster pembelajaran berbasis kearifan lokal efektif untuk pembelajaran menulis prosedur siswa kelas VII. Hal ini dibuktikan dari kenaikan rata-rata hitung skor pretest dan postest yang mengalami kenaikan sebesar 9,45. Selain itu, berdasarkan hasil uji-t dapat diketahui bahwa sig(2-tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, dinyatakan bahwa media poster berbasis kearifan lokal efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks prosedur siswa kelas VII.
References
Amanullah, M. A. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 8, No.1.
Anitah, Sri. 2008. Media Pembelajaran. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.
Dewi, Lestika. 2013. Pengaruj Penggunaan Media Poster terhadap Kemampuan Menulis Puisi oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara Tahun Pelajarab 2012/2013. Jurnal Basastra. Vol.2, No. 2.
Hildayanti, Samsuri A.S., & Arief, T.A. Pengaruh Penggunaan Media Poster dalam Menulis Karangan Narasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 77 Kanaeng Kabupaten Takalar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. Vol. 3, No. 2.
Kosasih, E. 2016. Jenis-jenis Teks Edisi II. Bandung: Yrama Widya.
Maiyena. 2014. Pengembangan Media Poster berbasis Pendidikan Karakter untuk Materi Global Warming. Jurnal Ta’dib. Vol. 17, No. 2.
Maryanto, dkk. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan SMA/MA/SMK/MAK Edisi Revisi 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Naba, A.H. & Ruswiyani, E. 2019. Pendidikan Karakter berbasis Kearifan Lokal melelaui Media Poster Tiga Bahasa pada SD Rama Sejahtera Kota Makassar. Jurnal Algazali. Vol. 2, No. 1.
Siregar, Shofian. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan Statistik. Jakarta: Panadamedia Group.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.