APLIKASI CANVA BERBASIS PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KOMPETENSI DASAR MENULIS TEKS PROSEDUR KELAS XI SMA AHMAD YANI 2 BAURENO
DOI:
https://doi.org/10.55273/karangan.v6i1.304Keywords:
Media Pembelajaran Interaktif, Aplikasi CanvaAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah 1). Mendeskripsikan kebutuhan guru akan media audio visual interaktif melalui basis aplikasi canva untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia 2).Mengembangkan media pembelajaran audio visual interaktif berbasis aplikasi canva dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Menulis Teks Prosedur kelas XI 3).Menganalisis keefektifitasan produk hasil pengembangan media
pembelajaran audio visual interaktif berbasis aplikasi canva. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan pendidikan atau Education Research and Development (R&D). Data yang digunakan proses penelitian dan pengembangan ini berasal dari SMA Ahmad Yani 2 Baureno Kelas XI. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara instrument ahli dan kuisioner Hasil penelitian ini. Guru dan siswa SMA kelas XI SMA Ahmad Yani 2 Baureno memerlukan media pembelajaran Audio Visual Interaktif berbasis Aplikasi Canva dikarenakan adanya kebutuhan di lapangan yang memperlihatkan kondisi proses pembelajaran Bahasa Indonesia. sebelum dilakukan pengembangan Media pembelajaran interaktif pada siswa kelas XI SMA Ahmad yani 2 Baureno, nilai belajar siswa menunjukan hanya 10 %. Setelah dilakukan pengembangan nilai Siswa naik menjadi 60 % . Hasil Pengembangan produk dinyatakan layak. Keseluruhan validasi dari ahli media, ahli materi dan ahli praktisi, meberikan nilai dalam kategori “Sangat Baik” dengan skor 4,9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




