PENERAPAN PRINSIP UNDERSTANDING BY DESIGN (UbD) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN KELAS XII SMA AHMAD YANI 2 BAURENO
DOI:
https://doi.org/10.55273/karangan.v7i1.376Abstract
Abstrak:
Penerapan prinsip UbD dalam pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan menekankan keterlibatan aktif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif evaluatif untuk menilai penerapan prinsip Understanding by Design (UbD) dalam pembelajaran menulis Surat Lamaran Pekerjaan di SMA Ahmad Yani 2 Baureno Kleas XII. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan mixed methods. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa kelas XII IPA dan IPS SMA Ahmad Yani 2 Baureno. Sampel penelitian mencakup 2 guru yang menerapkan UbD, 20–50 siswa dari kelas yang terkait, serta kepala sekolah sebagai informan pendukung. Hasil uji t untuk membandingkan penerapan prinsip Understanding by Design (UbD) antara 2 guru dan 20 siswa menunjukkan nilai t-statistik sebesar -1.65 dengan p-value sebesar 0.107. Karena p-value lebih besar dari tingkat signifikansi 0.05, hipotesis nol gagal ditolak. Hal ini mengindikasikan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara frekuensi penerapan UbD oleh guru dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.
References
Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sadiman, A. S., dkk. (2008). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, W. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugilar, H. (2021). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Yusufhadi Miarso. (2004). Teknologi Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media