Kelas Sosial dalam Antologi Cerpen Garis Imajiner Karya Siswa SMA 1 Simanjaya Sekaran

Authors

  • Muhammad Fahrus Ali Universitas Billfath Lamongan
  • Abdul Karim Wirawan Universitas Billfath Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.55273/karangan.v7i1.384

Keywords:

Kelas Sosial, Sosiologi Sastra, Cerpen, Struktur Sosial, Pembelajaran Sastra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji representasi kelas sosial dalam Antologi Cerpen Garis Imajiner yang diterbitkan oleh siswa SMA 1 Simanjaya Sekaran. Menggunakan pendekatan sosiologi sastra, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana berbagai kelas sosial tercermin dalam karya-karya fiksi siswa, serta bagaimana karya sastra ini merefleksikan struktur sosial masyarakat. Metode penelitian kualitatif diterapkan dengan studi literatur sebagai teknik pengumpulan data, mencakup kutipan, dialog, dan narasi dalam antologi cerpen tersebut. Analisis data dilakukan dengan mengadopsi teori sosiologi sastra, termasuk konsep kelas sosial Max Weber dan Pierre Bourdieu tentang modal ekonomi, sosial, dan budaya. Hasil penelitian menunjukkan adanya delapan kelas sosial yang tergambar dalam cerpen, meliputi pemilik modal, bangsawan, profesional tinggi, pegawai negeri, guru/dosen, ustaz/pendeta, buruh, dan pengrajin. Temuan ini mencerminkan kesadaran siswa akan stratifikasi sosial serta kreativitas mereka dalam menggambarkan struktur sosial tersebut. Penelitian ini juga membahas bagaimana kelas sosial berdasarkan pekerjaan dan lingkungan digambarkan dalam karya sastra, serta implikasinya terhadap pemahaman dan interpretasi siswa tentang realitas sosial di sekitar mereka. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman bagaimana karya sastra merefleksikan dan membentuk pandangan sosial, serta menawarkan wawasan untuk penelitian lebih lanjut mengenai interaksi antara sosiologi, sastra, dan pendidikan.

References

Bourdieu, P. (1984). Ditinction A Sosial Critique of The Judgement of Taste. Havard University Press.

Bourdieu, P. (1992). The Logic of Practice (R. Nice (ed.)). Stanford University Press. http://www.sup.org/books/title/?id=2478

Cresswell, J. W. (2014). Reseach Desaign: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches-4th. Library of Congress Catalogin-in-Publication Data.

Damono, S. D. (1978). Sosiologi Sastra Sebuah Pengantar Ringkas. Pusat Pembinaan dan pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan kebudayaan.

Damono, S. D. (2008). Sosiologi Sastra (I. S. Husen (ed.); 2nd ed.). Yayasan Obor Indonesia.

Damsar. (2015). Pengantar Teori Sosiologi. Prenamedia Group.

Febriani, V. A. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pasien Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Dr . Cipto Mangunkusumo).

Fiaji, N. N. (2021). Eksistensi Bahasa Walikan Sebagai Simbol Komunikasi Pada “Gen Z” Di Kota Malang. Pensa: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3, 378–385.

Maunah, B. (2015). Stratifikasi Sosial dan Perjuangan Kelas Dalam Perspektif Sosiologi Pendidikan. TA’ALLUM, 03(01), 19–38.

Nurhayati, E., & Soleh, D. W. I. R. (2022). Pembelajaran Menulis Cerpen Dengan Metode Discovery Learning Dan Media Lagu Pada Siswa SMPN 3 Madiun. Jurnal Profesi Dan Keahlian Guru, III.

Prasetya, T. L. (2022). Representasi Kelas Sosial dalam Film Gundala ( Analisis Semiotika Roland Barthes ). 3(3).

Rahman, T. (2023). Ruang dan Identitas Sosial?: Reproduksi Identitas Kelas Menengah Muslim di Pesantren Ar Risalah Padang. 9(1), 65–77.

Subekti, F. M., & Prihandini, A. (2022). Kelas sosial di novel the great gatsby. 187–196.

Sudirman, V. S., Jumadi, & Anies, S. H. (2022). Kondisi Sosial Masyarakat Serumpun Cerpen Ibu Dalam Pusaran Langit-Langit Kehidupan Karya Arisa Al-Qurba dan Berbasis Humanistik. Dibanesia: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1–8.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Cv. Alfabeta.

Wahyudi, T. (2013). Sosiologi Sastra Alan Swingewood Sebuah Teori. Jurnal Poetika, 1(1), 55–61.

Weber, M. (1946). Essays in Sociology (C. W. Mills & H. H. Gerth (eds.)). Oxford University Press.

Weber, M. (1947). The Theory of Social and Economic Organization. Oxford University Press.

Downloads

Published

2025-03-20

How to Cite

Ali, M. F., & Wirawan, A. K. (2025). Kelas Sosial dalam Antologi Cerpen Garis Imajiner Karya Siswa SMA 1 Simanjaya Sekaran. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 7(1), 16–28. https://doi.org/10.55273/karangan.v7i1.384

Issue

Section

Articles