Hubungan Keaktifan Organisasi dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

Authors

  • Noer Af'idah Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang, Indonesia
  • Aida Arini Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang, Indonesia
  • Anggara Dwinata Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55273/karangan.v7i2.400

Keywords:

Organisasi, Prestasi Belajar, Mahasiswa

Abstract

Perkembangan zaman di dunia perguruan tinggi tidak hanya menuntut mahasiswa untuk cerdas secara akademik, melainkan keterampilan soft skill. Keterampilan tersebut tentu dapat dilakukan oleh mahasiswa ketika aktif berada di jalur organisasi. Organisasi akan memberikan nuansa bagi mahasiswa dalam memberikan wawasan kompleks tentang cara berpikir kritis dan analitis, kemampuan pemecahan masalah, keterampilan berkomunikasi, dan membangu relasi. Aktif di organisasi akan memberikan corak secara akademik dalam meningkatkan prestasi belajar. Penelitian dilaksanakan di lingkungan mahasiswa yang aktif organisasi Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perolehan hasil korelasi sederhana sebesar 0,621 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa keaktifan berorganisasi dapat memberikan dampak terhadap prestasi belajar Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang.

References

Aliyyah, R. R., Mulyadi, D., Widyasari, & Kholik, A. (2019). Manajemen Lembaga Pendidikan. Jakarta: Polimedia Publishing.

Cahyani, E. P. N., Dwinata, A., Adlina, N., & Pujiono, S. (2024). Esensi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Di Sekolah Dasar. Discovery: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 9(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.33752/discovery.v9i1.5728

Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dwinata, A. (2023). Manajemen Sekolah. Jombang: CV Ainun Press.

Dwinata, A., Af’idah, N., Nuruddin, M., Pratiwi, E. Y. R., Marifatulloh, S., Raharja, H. F., … Hardinanto, E. (2025). SOSIALISASI PENTINGNYA BERORGANISASI DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. ABIDUMASY Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(01), 45–52. https://doi.org/https://doi.org/10.33752/abidumasy.v6i01.8185

Dwinata, A., Ahmad, M., Astutik, L. S., & Af’idah, N. (2024). Al badar islamic elementary school as representative of leading schools in tulungagung. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipliner, 3(2), 50–58. https://doi.org/https://doi.org/10.59944/jipsi.v3i2.282

Dwinata, A., Kibtiyah, A., Hardinanto, E., Pratiwi, E. Y. R., Minto, & Nuruddin, M. (2024). Sosialisasi Pedagogik Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Desa Jerukwangi Kabupaten Kediri. Abdi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 58–65. https://doi.org/https://doi.org/10.59997/awjpm.v3i2.4207

Dwinata, A., Pahru, S., Astutik, L. S., Susilo, C. Z., & Pratiwi, E. Y. R. (2023). Motivasi Dan Interaksi Sosial sebagai Determinasi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pasca Pandemic Covid-19. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 125–133.

Dwinata, A., Pratiwi, E. Y. R., & Nuruddin, M. (2023). The Effectiveness Of Brainstorming Method And Audio-Visual Media On The Learning Outcomes Of Elementary School Ips Students. Jurnal Cakrawala Pendas, 9(1), 77–86. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v9i1.3806

Kadji, J. (2022). Problematika Pendidikan: Menyoal Relevansi Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Generasi Muda. Irfani (e-Journal), 18(2), 97–113. https://doi.org/https://doi.org/10.30603/ir.v18i2.2974

Luailiyah, A., Hilmi, A. Z., & Sahariani, M. (2022). Pengaruh Keaktifan Organisasi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Plexus Medical Journal, 1(3), 114–121. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/plexus.v1i3.45

Mahmudah, L., Darwis, Armella, R., & Hidayat, A. F. S. (2022). Korelasi Keaktifan Berorganisasi dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Borneo Journal of Islamic Education, 2(1), 25–35.

Mawardi, S., Mukrodi, Wahyudi, Sugiarti, E., & Anwar, S. (2021). Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pemuda Dan Manajemen Organisasi Bina Remaja. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 1(2), 44–53. https://doi.org/https://doi.org/10.37481/pkmb.v1i2.222

Putri, N. T., Satria, B., Amrina, E., & Alfadhlani. (2021). Pengaruh Kualitas layanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa dengan Moderasi Budaya Organisasi dan Reputasi. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 10(2), 121–130. https://doi.org/https://doi.org/10.26593/jrsi.v10i2.4200.121-130

Renato, A. A., Sudiantini, D., Amalia, A. P., Elisa, H. F., Maharani, I., & Janah, S. R. (2024). Pengaruh keaktifan organisasi terhadap prestasi mahasiswa. HUMANITIS: Jurnal Homaniora, Sosial Dan Bisnis, 2(5), 553–566.

Downloads

Published

2025-09-25

How to Cite

Noer Af’idah, Aida Arini, & Anggara Dwinata. (2025). Hubungan Keaktifan Organisasi dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 7(2), 8–14. https://doi.org/10.55273/karangan.v7i2.400