KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

Authors

  • Nur Zaini STIT Al Fattah Siman

DOI:

https://doi.org/10.55273/karangan.v1i01.7

Keywords:

Konsep, Pendidikan humanis, Implementasi

Abstract

Pendidikan humanis harus praksis dalam proses belajar mengajar. Maka dalam implementasinya, seorang pendidik harus menjadi qudwah atau teladan yang baik, dengan mengedepankan cinta dan kasih sayang dalam proses mengajar. Pendidik harus mampu memunculkan rasa empati, mampu memberi motivasi, menumbuhkan sikap toleransi, memposisikan sebagai teman belajar, menciptakan suasana belajar dialogis, mampu mengkombinasikan antara perasaan (keinginan peserta didik) dengan bahan pengajaran, dan Pendidik dengan segala kerendahan hati dituntut transparan atas segala kekurangan. Sehingga tercipta pola komunikasi multi-arah (ways traffic communication) yang baik antara pendidik dan peserta didik.

Downloads

Published

2019-11-16

How to Cite

Nur Zaini. (2019). KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 1(01), 62–72. https://doi.org/10.55273/karangan.v1i01.7