PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 LENGKENAT
DOI:
https://doi.org/10.55273/karangan.v3i1.83Keywords:
Hasil Belajar, Media Permainan UlarAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan Media Permainan Ular Tangga pada Mata Pelajaran IPS di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Lengkenat Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif bentuk penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian diperoleh Media Permainan Ular Tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan kategori sangat baik dan siswa berperan aktif, peningkatan hasil belajar siswa dengan Media Permainan Ular Tangga pada siklus I diperoleh hasil belajar siswa rata-rata sebesar 68,8% dan meningkat pada siklus II mencapai 82% sehingga terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 13,2%. Tingkat ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 80% dan tingkat ketuntasan klasikal pada siklus II mencapai 96%. Sehingga ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II dinyatakan berhasil karena dari data yang diperoleh telah mencapai ketuntasan sedangkan respon siswa melalui hasil wawancara guru dan siswa menunjukkan respon positif terhadap Media Permainan Ular Tangga
References
Arikunto, S. dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Firman, Amiruddin Ridwan, D. I. (2020). Hasanuddin Journal of Public Health. HJPH, 1(1), 61–70.
Mar’atusholihah, H., Priyanto, W., & Tika Damayani, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 253–260.
Ninkeula, I., Filindity, Y. T., & Dulanlebit, Y. H. (2019). Komparasi Media Pembelajaran Kokami Dan Media Ular Tangga Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Pada Materi Struktur Atom Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Ambon. Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE), 9 (2), 70–77. https://doi.org/10.30598/mjocevol9iss2pp70-77
Putra, P. (2017). Hubungan Metode Bermain, Cerita, Dan Menyanyi (Bcm) Dengan Prestasi Belajar Siswa Sd Menurut Persepsi Mahasiswa Uin Maulana Malik Ibrahim Malang. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 4(2), 147–161.
Ratnaningsih. N. N. 2014. “Penggunaan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Kelas III A SDN Nogoporo”. Skripsi. Sleman : Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yanto, M. 2013. Jadi Guru yang Jago. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: ANDI.