PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Sukiyanto STIT Al-Fattah Siman Lamongan
  • Zuhriyyah Hidayati STIT Al-Fattah Siman Lamongan
  • Niswatin Aliyah STIT Al-Fattah Siman Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.55273/karangan.v2i01.92

Keywords:

Gaya belajar, Hasil belajar matematika, Pendidikan orang tua

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh latar belakang pendidikan orang tua, gaya belajar dan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kondisi latar belakang pendidikan orang tua berada pada kategori sedang, sebagian besar orang tua memilki dasar pendidikan yang memadai untuk bisa membimbing dan mengarahkan untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik. Sedangkan gaya belajar peserta didik mayoritas menggunakan gaya belajar auditory, siwa cenderung memanfaatkan indra pendengarannya untuk memahami apa yang dia pelajari misalnya dengan cara mendengar seperti ceramah, radio, berdialog, dan berdiskusi. Selain itu, bisa juga mendengarkan melalui nyanyian dan lagu; 2) latar belakang pendidikan orang tua memiliki t hitung sebesar 1,102 < 1,68 dengan signifikasi 0,278 > 0,05. Karena t hitung < t tabel dan sig. 0,278 > 0,05 secara parsial variabel latar belakang pendidikan orang tua tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.

References

Bobby DePorter dan Mike Hernacki. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Learning.

Iif dan Sofan. (2014). Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integrative. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Prihandoko, A.C. (2006). Pemahaman Dan Penyajian Konsep Matematika Secara Benar dan Menarik. Jakarta: Depdiknas

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudaryono, dkk . (2013). Pengembangan Instrument Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sudirman, A.M. 2010. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Sukiyanto & Tsalitsatul M.. (2019). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Ilalang: Lamongan.

Sukiyanto (2018). Pengembangan rencana pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe stad dan teori Vygotsky. de Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2). 31-41.

Sulistyaningsih, S. (2015). Kesiapan Bersekolah Ditinjau dari Jenis Pendidikan Pra Sekolah Anak dan Tingkat Pendidikan Orangtua. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, (Online), 1 (1): 01-07, (http://www.usu.ac.id),

diakses 02 Mei 2019.

Tety dkk. (2016). Jurnal Pendidikan: pengaruh latar belakang tingkat pendidikan orangtua dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada kelas iv sdn kecamatan sananwetan kota blitar, (Online). Vol. 1 No. 3

Winarsunu T. (2006). Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan, Malang: UMM Press Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sisdiknas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.

Zainuddin, F. (2011). Pedoman Pendidikan Modern. Solo:PT Tiga Serangkai Pustaka Mandi

Downloads

Published

2020-02-14 — Updated on 2022-02-12

Versions

How to Cite

Sukiyanto, Hidayati, Z., & Aliyah, N. . (2022). PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 2(01), 46–63. https://doi.org/10.55273/karangan.v2i01.92 (Original work published February 14, 2020)